Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Mengenal Lebih Jauh Teknologi VoIP

Waktu Publikasi Senin, 20 Juni 2022 | Terakhir Diperbarui hampir 3 tahun yang lalu

Learn More About VoIP Technology

Voip adalah singkatan dari Voice Over Internet Protocol. VoIP merupakan teknologi berbasis internet yang biasa digunakan untuk komunikasi jarak jauh, dan media yang dipakai adalah intranet dan juga internet.

Cara kerja dari teknologi VoIP sendiri adalah suara analog yang akan diambil dari speaker perangkat, akan diubah menjadi paket data. Paket data ini kemudian dikirim menggunakan jaringan internet melalui hub/router/ADSL. Kemudian Paket data ini akan dikirimkan ke tempat tujuan, yaitu perangkat penerima panggilan tersebut.

Secara garis besar cara kerja Voip adalah mengubah data suara menjadi kode digital, yang nantinya kode digital tersebut akan dialirkan melalui jaringan yang mengirikmkan paket-paket data. Tidak seperti telepon biasa yang memakai sirkuit analog dalam melakukan panggilan.

Fungsi VoIP

Kemudian mengenai fungsi dari VoIP. Fungsi utama dari penggunaan VoIP sendiri adalah menghubungkan komunikator antar kota, pulau hingga benua. Jika biasanya dibutuhkan biaya yang cukup mahal untuk bisa menghububungi teman atau keluarga, terlebih lagi jika berbeda pulau atau negara, VoIP adalah solusi yang tepat untuk melakukan komunikasi tersebut.

Jika di jabarkan VoIP sendiri memiliki 4 fungsi berbeda yang menjadi keunggulan VoIP itu sendiri. Fungsi pertama adalah Signaling, dimana VoIP bertugas untuk menerima jaringan dari penelpon, setelah menerima jaringan tersebut, terjadilah percakapan dalam panggilan tersebut. Selain itu suara yang dihasilkan dari teknologi VoIP ini bisa dikategorikan lebih jernih dibandingkan panggilan telepon biasa.

Kemudian fungsi berikutnya adalah Database Service, yakni pencarian lokasi tujuan akhir atau End Point. Fungsi ini juga menerjemahkan alamat IP atau IP address yang dipakai dalam 2 jaringan yang berbeda. Fungsi lain dari teknologi VoIP adalah Bearer Control, fungsi ini memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak panggilan telepon dari si penelpon. Fungsi dari VoIP yang terakhir adalah Coded Operation yang mengubah suara menjadi paketan data, dan juga mengubah paketan data menjadi suara sehingga bisa terjadi komunikasi antara komunikator dengan komunikan dalam panggilan tersebut.

Cara Kerja VoIP

Cara kerja dari VoIP adalah mengubah suara analog menjadi paket data digital, kemudian diubah kembali ke suara analog untuk bisa didengar oleh penerima panggilan. Jika ditinjau dari cara kerja paket digital tersebut, adalah melalui Hub atau Router atau ADSL Modem.

Kemudian data digital tersebut dikirimkan melalui jaringan internet dan diterima dengan jaringan internet juga, dan dengan media yang sama. Cara lainnya adalah dengan sambungan telepon dan diteruskan ke Phone Adapter yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet, serta diterima oleh telepon tujuan.

Perlu diketahui bahwa teknologi VoIP ini bergantung sepenuhnya terhadap kualitas jaringan internet, baik yang dimiliki penelpon ataupun penerima telepon. Jika jaringan internet dari salah satu pengguna mengalami gangguan maka kegiatan komunikasi tersebut juga akan terganggu dan mengalami putus-putus suara.

Saat ini beberapa pesawat telepon juga dapat terhubung dengan teknologi VoIP, sehingga penelpon dan penerima telepon bisa berkomunikasi dengan nyaman. Kemampuan dari teknologi VoIP ini juga terhubung dengan Private Automatic Branch Exchange (PABX), sehingga memungkinkan melakukan panggilan telepon dari perangkat komputer ke pesawat telepon atau nomor extension di kantor.

Kelebihan VoIP

Jika membandingkan dengan telepon konvensional, teknologi VoIP adalah solusi komunikasi yang lebih hemat. Karena anda hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa terhubung dengan lawan bicara anda. Anda tidak perlu takut biaya telepon yang membengkak ketika melakukan percakapan, dan anda juga tidak perlu membayar tagihan telepon atau sebagainya. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari teknologi VoIP.

Selain itu kelebihan VoIP yang lain adalah bisa memanfaatkan infrastruktur jaringan data, sehingga anda bisa melakukan panggilan telepon melalui audio dan juga dengan video. Kemudian Bandwidth lebih kecil jika dibandingan dengan telepon biasa, selain itu VoIP juga bisa disandingkan dengan pesawat telepon sehingga memudahkan Anda untuk melakukan panggilan telepon.

Kelemahan VoIP

Terlepas dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan dari teknologi VoIP, VoIP juga memiliki kekurangannya. Salah satunya adalah kualitas yang kurang jernih jika anda memiliki jaringan internet yang tidak stabil, dan jika dibandingan dengan Public Switched Telephone Network (PSTN) kualitas suara dari teknologi VoIP masih kurang jernih.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Solutions
Study Case
JASCLOUD

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Adapt Your Company Today

7 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Hindari Tebusan 131 Miliar: Lakukan Ini

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Sinergi TikTok Shop dan WhatsApp Business API: Meningkatkan E-commerce di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Menghubungkan Titik-titik: Panduan Integrasi API

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Vaksin Booster Kedua Sudah Dibuka Untuk Kalangan Lansia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Memiliki Layanan 112 untuk Efektivitas Penanggulangan Bencana

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bangun Komunitas Bisnis Anda dengan Integrasi Gratis TOSCHAT

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi Kunci untuk Meninggalkan Kesan Mendalam

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Memaksimalkan Potensi Bisnis dengan Sistem CRM

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya CRM: Bagaimana Jasnita CRM Menyesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis Anda

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transformasi Digital: Mengapa Bisnis Harus Beradaptasi dengan Cepat

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Maksimalkan Customer Engagement: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Solusi Omnichannel Jasnita

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Pertumbuhan Perusahaan Anda dengan Solusi CRM Jasnita Terbaik : Monday.com

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguasai CRM: Panduan untuk Penggunaan yang Efektif dan Efisien dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Mentransformasi Komunikasi Bisnis: Bagaimana JASCLOUD dan SIP Trunk Dapat Memangkas Biaya Telepon dan Meningkatkan Kinerja

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguak Tren Contact Center di Indonesia: Menghadapi Era Digitalisasi

sekitar 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya