Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

Waktu Publikasi Senin, 28 November 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu

The Importance of 112 Services for Regencies & Cities in Indonesia

Layanan Panggilan Darurat 112 sudah digunakan sejak tahun 2015 di Indonesia. Karena melihat banyaknya situasi darurat yang dialami masyarakat Indonesia, pemerintah berinisiatif untuk membuat satu nomor darurat khusus yang mudah diingat dan dapat terintegrasi dengan seluruh petugas darurat seperti kepolisian, ambulans, pemadam kebakaran, dan sebagainya.

Metode yang dipakai oleh pemerintah dalam panggilan 112 ini adalah secara desentralisasi, dimana nantinya setiap petugas darurat akan terintegrasi dalam satu nomor panggilan darurat yaitu 112, kemudian jika ada masyarakat yang menelepon nomor tersebut nantinya petugas call center 112 akan menyalurkan kepada setiap instansi kegawat daruratan yang masyarakat tersebut butuhkan.

Pada awalnya, nomor panggilan darurat 112 ini diluncurkan oleh Kemenkominfo Melalui Direktorat Pengembangan Pitalebar, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika. Tujuannya adalah untuk digunakan sebagai wadah masyarakat dalam melakukan pengaduan keadaan darurat seperti 911 di Amerika Serikat. Nantinya masyarakat dapat menggunakan nomor 112 untuk segala keadaan darurat yang mereka alami.

Sebenarnya jika tidak ada nomor telepon darurat 112, masyarakat juga dapat menghubungi petugas-petugas darurat melalui nomornya masing-masing. Contohnya jika masyarakat membutuhkan Penegak Hukum dan aparat Kepolisian, mereka dapat menghubungi nya melalui nomor 110, kemudian jika masyarakat membutuhkan Pemadam Kebakaran, dapat menghubungi melalui nomor 113, Basarnas di nomor 115, Ambulan atau Kemenkes di nomor 119, dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di nomor 117.

Tetapi ketika masyarakat berada didalam keadaan darurat, pastinya mereka bingung dan panik harus menghubungi siapa dan kemana. Oleh karena itu pemerintah di Indonesia membuat satu nomor tunggal untuk dapat dihubungi oleh masyarakat Indonesia pada saat mereka mengalami berbagai macam keadaan darurat. 

Nomor telepon darurat 112 ini dapat diakses oleh masyarakat jika Pemerintah Kota wilayah tersebut sudah melakukan kontrak untuk memiliki panggilan 112 di Kabupaten atau Kota tersebut. Jasnita Telekomindo adalah penyedia Layanan Panggilan Darurat 112 yang sudah bekerjasama dengan 79 kota di seluruh Indonesia untuk Layanan Panggilan Darurat 112. 

Adapun Layanan Panggilan Darurat 112, merupakan kewajiban yang diamanatkan oleh Kementerian Kominfo RI melalui UU Nomor 10 tahun 2016, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota wajib memiliki sarana Layanan Panggilan Darurat 112. Pentingnya 112 untuk diaktifkan di berbagai Kota dan Kabupaten untuk mempercepat penanggulangan keadaan darurat.

 

Melalui PT Jasnita Telekomindo, pemerintah kota maupun kabupaten dapat membangun layanan 112 di wilayahnya. Hal ini dikarenakan Kominfo telah mempercayakan penyediaan layanan 112 kepada Jasnita, dan menyerahkan pelaksanaannya sesuai keadaan maupun kebutuhan masing-masing kota kabupaten.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Solutions
Study Case
Emergency Call 112

Blog Terkait:

Adapt Your Company Today

7 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Hindari Tebusan 131 Miliar: Lakukan Ini

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Sinergi TikTok Shop dan WhatsApp Business API: Meningkatkan E-commerce di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Menghubungkan Titik-titik: Panduan Integrasi API

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Vaksin Booster Kedua Sudah Dibuka Untuk Kalangan Lansia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Memiliki Layanan 112 untuk Efektivitas Penanggulangan Bencana

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Masa Depan Komunikasi Darurat: Integrasi Teknologi VoIP dan Layanan 112

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Teknologi Penyelamat di Balik Panggilan Darurat 112: Penelusuran Mendalam

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Dampak Penyelamatan Nyawa dari Nomor Darurat 112: Menyelesaikan Tantangan Masyarakat di Indonesia

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Vaksin Booster Kedua Sudah Dibuka Untuk Kalangan Lansia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Memiliki Layanan 112 untuk Efektivitas Penanggulangan Bencana

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Launching Layanan Panggilan Darurat 112 Kabupaten Dairi Bersama Jasnita

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pemerintah Gorontalo Dan Jasnita Melakukan Literasi dan Grand Launching Nomor Panggilan Darurat NETO 112

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Partisipasi PT Jasnita Telekomindo Dalam Peresmian Layanan Panggilan 112 Di Daerah Kabupaten dan Kota

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya