Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Rabu, 28 Desember 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu
PABX atau Private Automatic Branch eXchange adalah sistem telekomunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal dan eksternal. PABX sendiri menyediakan fitur-fitur yang membantu meningkatkan efisiensi komunikasi di perusahaan, seperti pemindahan panggilan, penugasan nomor telepon, dan pembuatan daftar panjang antrian panggilan.
Secara garis besar PABX adalah sistem telekomunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal dan eksternal. Biasanya PABX menggunakan teknologi analog untuk berkomunikasi dengan jaringan telepon publik, dan seperti yang kita ketahui bahwa saat ini dunia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan di bidang teknologi.
Belum lama ini perpindahan sistem dari analog ke sistem digital sudah bisa dirasakan oleh beberapa instansi, salah satunya adalah instansi pertelevisian. Sistem dari analog dari televisi sudah ditinggalkan, kemudian akan digantikan oleh sistem televisi digital yang dapat terkoneksi dengan internet atau dengan antena televisi digital.
Sama halnya dengan sistem teleponi, saat ini sistem telepon PABX dinilai sudah tidak seefektif dahulu. Oleh karena itu hadirlah sistem telepon yang dapat melengkapi kekurangan dari sistem telepon PABX, yaitu sistem telepon VoIP (Voice over Internet Protocol).
VoIP sendiri adalah teknologi yang memungkinakan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet, dan sistem telepon VoIP juga dapat diintegrasikan di smartphone pengguna VoIP tersebut. Sehingga pengguna sistem telepon VoIP dapat melakukan panggilan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone mereka selama memiliki jaringan internet.
Belakangan ini VoIP telah berkembang pesat dan juga dianggap sebagai pilihan pengganti yang lebih unggul dibandingkan sistem telepon PABX. Karena selain dapat dibawa berpergian, sistem telepon VoIP juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal maupun eksternal. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa sistem Telepon VoIP dianggap lebih unggul dibandingkan sistem Telepon PABX:
Biaya
Telepon VoIP dinilai jauh lebih murah dibandingkan sistem telepon PABX, karena sistem telepon VoIP hanya menggunakan jaringan internet untuk dapat terhubung antara satu dengan lainnya. Berbeda dengan sistem telepon PABX yang harus menggunakan jaringan telepon Publik. Dengan begitu VoIP dapat memungkinkan perusahaan menghemat biaya telepon yang cukup besar.
Fleksibilitas
VoIP dinilai sangat fleksibel dan dapat diakses dari mana saja selama Anda memiliki jaringan internet. Sehingga VoIP dapat memungkinkan para pekerja untuk bekerja dari jarak jauh dengan sangat mudah.
Integrasi
VoIP sangat mudah untuk diintegrasikan dengan perangkat lunak komunikasi lainnya seperti pesan instan sampai ke konferensi video, sehingga dapat memudahkan komunikasi dengan tim atau dengan klien perusahaan Anda.
Fitur
Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sistem telepon VoIP, maka Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang tidak Anda dapatkan jika pada saat Anda menggunakan sistem PABX. VoIP menyediakan fitur-fitur tambahan seperti panggilan grup, panggilan video, dan panggilan otomatis ke ponsel Anda.
Skalabilitas
Selain sangat fleksibel, VoIP juga memiliki keterluasan yang dapat menyesuaikan penggunanya. VoIP sangat mudah untuk diubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang, sementara sistem PABX biasanya membutuhkan penambahan perangkat keras jika ingin menambahkan fitur atau menambah jumlah extension.
Memiliki banyak fasilitas dan kelebihan yang jauh lebih menguntungkan dari sistem telepon PABX, VoIP sudah menjadi pilihan bagi para pemilik perusahaan atau bisnis untuk menghubungkan komunikasi perusahaan mereka. Oleh karena itu banyak perusahaan dan bisnis yang menilai PABX sudah seefektif dulu dalam menangani jalur komunikasi perusahaan atau bisnis mereka.
Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan perkembangan zaman pada saat ini sudah sangat pesat dan cepat, sehingga sistem-sistem lama seperti sistem analog, akan tergantikan dengan sebuah sistem yang dapat memudahkan penggunanya.
Jasnita sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan layanan komunikasi, sudah menyediakan layanan komunikasi berbasis cloud yang dapat diakses oleh penggunanya dimanapun dan kapanpun mereka berada. JasCloud adalah produk yang dapat Anda gunakan dalam melakukan komunikasi perusahaan atau bisnis Anda, dimanapun Anda berada.
Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa melakukan panggilan kantor. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Jascloud dari Jasnita, Anda cukup menghubungi kami di sales@jasnita.co.id atau melalui aplikasi WhatsApp di 0811-1901-5555. Kami akan menyediakan segala kebutuhan jalur komunikasi perusahaan atau bisnis Anda.