Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

Waktu Publikasi Rabu, 28 Desember 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu

Why are PABX Not as Effective as They Used to Be?

PABX atau Private Automatic Branch eXchange adalah sistem telekomunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal dan eksternal. PABX sendiri menyediakan fitur-fitur yang membantu meningkatkan efisiensi komunikasi di perusahaan, seperti pemindahan panggilan, penugasan nomor telepon, dan pembuatan daftar panjang antrian panggilan.

Secara garis besar PABX adalah sistem telekomunikasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal dan eksternal. Biasanya PABX menggunakan teknologi analog untuk berkomunikasi dengan jaringan telepon publik, dan seperti yang kita ketahui bahwa saat ini dunia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan di bidang teknologi. 

Belum lama ini perpindahan sistem dari analog ke sistem digital sudah bisa dirasakan oleh beberapa instansi, salah satunya adalah instansi pertelevisian. Sistem dari analog dari televisi sudah ditinggalkan, kemudian akan digantikan oleh sistem televisi digital yang dapat terkoneksi dengan internet atau dengan antena televisi digital.

Sama halnya dengan sistem teleponi, saat ini sistem telepon PABX dinilai sudah tidak seefektif dahulu. Oleh karena itu hadirlah sistem telepon yang dapat melengkapi kekurangan dari sistem telepon PABX, yaitu sistem telepon VoIP (Voice over Internet Protocol). 

VoIP sendiri adalah teknologi yang memungkinakan penggunanya untuk melakukan panggilan telepon melalui jaringan internet, dan sistem telepon VoIP juga dapat diintegrasikan di smartphone pengguna VoIP tersebut. Sehingga pengguna sistem telepon VoIP dapat melakukan panggilan dimanapun dan kapanpun dengan smartphone mereka selama memiliki jaringan internet.

Belakangan ini VoIP telah berkembang pesat dan juga dianggap sebagai pilihan pengganti yang lebih unggul dibandingkan sistem telepon PABX. Karena selain dapat dibawa berpergian, sistem telepon VoIP juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan mengatur panggilan telepon internal maupun eksternal. Berikut ini adalah 5 alasan mengapa sistem Telepon VoIP dianggap lebih unggul dibandingkan sistem Telepon PABX:

  1. Biaya

Telepon VoIP dinilai jauh lebih murah dibandingkan sistem telepon PABX, karena sistem telepon VoIP hanya menggunakan jaringan internet untuk dapat terhubung antara satu dengan lainnya. Berbeda dengan sistem telepon PABX yang harus menggunakan jaringan telepon Publik. Dengan begitu VoIP dapat memungkinkan perusahaan menghemat biaya telepon yang cukup besar.

  1. Fleksibilitas

VoIP dinilai sangat fleksibel dan dapat diakses dari mana saja selama Anda memiliki jaringan internet. Sehingga VoIP dapat memungkinkan para pekerja untuk bekerja dari jarak jauh dengan sangat mudah.

  1. Integrasi

VoIP sangat mudah untuk diintegrasikan dengan perangkat lunak komunikasi lainnya seperti pesan instan sampai ke konferensi video, sehingga dapat memudahkan komunikasi dengan tim atau dengan klien perusahaan Anda.

  1. Fitur

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan sistem telepon VoIP, maka Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang tidak Anda dapatkan jika pada saat Anda menggunakan sistem PABX. VoIP menyediakan fitur-fitur tambahan seperti panggilan grup, panggilan video, dan panggilan otomatis ke ponsel Anda.

  1. Skalabilitas

Selain sangat fleksibel, VoIP juga memiliki keterluasan yang dapat menyesuaikan penggunanya. VoIP sangat mudah untuk diubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang, sementara sistem PABX biasanya membutuhkan penambahan perangkat keras jika ingin menambahkan fitur atau menambah jumlah extension.

Memiliki banyak fasilitas dan kelebihan yang jauh lebih menguntungkan dari sistem telepon PABX, VoIP sudah menjadi pilihan bagi para pemilik perusahaan atau bisnis untuk menghubungkan komunikasi perusahaan mereka. Oleh karena itu banyak perusahaan dan bisnis yang menilai PABX sudah seefektif dulu dalam menangani jalur komunikasi perusahaan atau bisnis mereka. 

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan perkembangan zaman pada saat ini sudah sangat pesat dan cepat, sehingga sistem-sistem lama seperti sistem analog, akan tergantikan dengan sebuah sistem yang dapat memudahkan penggunanya. 

Jasnita sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan layanan komunikasi, sudah menyediakan layanan komunikasi berbasis cloud yang dapat diakses oleh penggunanya dimanapun dan kapanpun mereka berada. JasCloud adalah produk yang dapat Anda gunakan dalam melakukan komunikasi perusahaan atau bisnis Anda, dimanapun Anda berada. 

Anda hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa melakukan panggilan kantor. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Jascloud dari Jasnita, Anda cukup menghubungi kami di sales@jasnita.co.id atau melalui aplikasi WhatsApp di 0811-1901-5555. Kami akan menyediakan segala kebutuhan jalur komunikasi perusahaan atau bisnis Anda.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Solutions
JASCLOUD

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Adapt Your Company Today

7 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bangun Komunitas Bisnis Anda dengan Integrasi Gratis TOSCHAT

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi Kunci untuk Meninggalkan Kesan Mendalam

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Memaksimalkan Potensi Bisnis dengan Sistem CRM

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya CRM: Bagaimana Jasnita CRM Menyesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis Anda

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transformasi Digital: Mengapa Bisnis Harus Beradaptasi dengan Cepat

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Maksimalkan Customer Engagement: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Solusi Omnichannel Jasnita

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Pertumbuhan Perusahaan Anda dengan Solusi CRM Jasnita Terbaik : Monday.com

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguasai CRM: Panduan untuk Penggunaan yang Efektif dan Efisien dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Mentransformasi Komunikasi Bisnis: Bagaimana JASCLOUD dan SIP Trunk Dapat Memangkas Biaya Telepon dan Meningkatkan Kinerja

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguak Tren Contact Center di Indonesia: Menghadapi Era Digitalisasi

sekitar 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya