Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Jumat, 21 Oktober 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu
Demi memenuhi kebutuhan jaringan telekomunikasi, tentunya perusahaan harus memiliki sistem telekomunikasi yang dapat menghubungkan perusahaannya ke semua jaringan di seluruh dunia. Karena dengan adanya kebutuhan tersebut hadirlah sistem telepon PABX atau Private Automatic Branch eXchange. PABX adalah sistem telepon konvensional yang dapat menghubungkan antara komunikator dengan komunikan secara Real Time atau secara langsung.
Tetapi sistem konvensional ini memiliki banyak sekali kekurangan, dari suara yang dihasilkan terasa tidak jelas, sampai biaya panggilan yang ditagihkan relatif mahal. Hal ini yang membuat perusahaan enggan untuk mencoba dan terus memakai sistem telepon PABX. Dari adanya keresahan tersebut hadirlah sistem telekomunikasi yang dapat menjangkau seluruh pengguna dengan suara yang sangat jelas dan biaya panggilan yang cukup murah, yaitu SIP Trunk.
SIP Trunk sendiri adalah layanan panggilan untuk para pelanggan yang memiliki perangkat telepon sendiri namun ingin memiliki jalur komunikasi dengan suara jelas dan biaya yang relatif murah. SIP Trunk merupakan sistem yang menyambungkan antara perangkat PBX Konvensional ke jaringan internet. Maka jika ada sebuah perusahaan yang sudah memiliki sistem telepon PABX dapat melakukan peningkatan kualitas panggilan ke sistem SIP Trunk.
Sementara Cloud PBX adalah telepon yang dapat di akses untuk melakukan panggilan keluar maupun panggilan masuk. Untuk jaringan yang dipakai oleh Cloud PBX sendiri adalah jaringan internet, dimana sistem jaringan internet ini sama dengan sistem jaringan pada SIP Trunk. Secara garis besar, SIP Trunk dan Cloud PBX adalah jalur komunikasi yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diakses menggunakan jaringan internet.
Perbedaannya adalah SIP Trunk adalah jalur atau akses untuk melakukan panggilan keluar dan menerima panggilan masuk, sedangkan Cloud PBX adalah Sistem telepon yang berbasis cloud dan tidak memerlukan jaringan PSTN (Public Switched Telephone Network) atau telepon kabel jika ingin melakukan panggilan keluar.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi dari SIP Trunk dan Cloud PBX, dan mana yang paling cocok untuk bisnis atau perusahaan Anda
Jika Anda memiliki bisnis yang memiliki kurang dari 20 karyawan, sebaiknya Anda memakai Cloud PBX, karena selain mudah untuk digunakan Cloud PBX juga tidak memerlukan Anda untuk membuat ruang server untuk menampung segala panggilan masuk dan panggilan keluar. Anda hanya perlu untuk menyewa-nya dengan salah satu jasa layanan tertentu.
Tetapi jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang sudah besar atau Anda memiliki lebih dari 20 karyawan, sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan SIP Trunk. Terlebih lagi jika Anda sudah memiliki PBX yang dapat di integrasikan dengan penyedia layanan Cloud PBX.
Aktivitas karyawan juga menjadi bahan pertimbangan yang harus diperhatikan jika ingin mengambil jalur komunikasi. Jika Anda memiliki karyawan yang harus menetap di dalam kantor, maka jalur komunikasi yang tepat adalah SIP Trunk. Karena SIP Trunk sendiri harus memiliki perangkat PBX yang terpasang di dalam kantor tersebut.
Sedangkan jika Anda memiliki karyawan yang memiliki aktivitas yang mengharuskan untuk bekerja diluar ruangan atau diluar kantor, maka jalur komunikasi yang cocok untuk dipakai adalah Cloud PBX. Karena Cloud PBX hanya membutuhkan smartphone yang terkoneksi dengan internet untuk bisa mengaksesnya, sehingga hal tersebut dapat memudahkan pemakainya untuk berpergian keluar kantor.
Jika sebuah perusahaan baru merintis yang menempati sebuah gedung baru, biasanya akan mendapatkan fasilitas kantor yang secukupnya. Tentunya belum tersedia jaringan telepon yang memadai untuk melakukan panggilan keluar dan masuk, atau melakukan extension nomor panggilan untuk karyawan. Jika Anda menggunakan PSTN, maka pengeluaran bisnis Anda juga akan membengkak dan tidak efektif untuk bisnis baru Anda. Oleh karena itu sebuah perusahaan baru dapat menggunakan Cloud PBX untuk melengkapi sistem jalur komunikasi perusahaan baru.
Berbeda jika perusahaan yang berjalan sudah lama, biasanya mereka sudah pernah memiliki infrastruktur komunikasi yang memadai untuk para karyawannya. Untuk menghemat jalur komunikasi, mereka bisa mencoba untuk memakai sistem SIP Trunk yang memiliki kelebihan suara lebih jelas dan dapat menghemat biaya panggilan kantor sampai 70% per bulannya.
Cloud PBX dan SIP Trunk memiliki jenis pemeliharaan yang berbeda. Jika Anda memakai Cloud PBX, selama Anda memiliki koneksi internet, maka Anda akan tetap terhubung dengan dunia luar. Kemudian Anda juga tidak perlu repot untuk memikirkan pemeliharaan atau perawatan dari Cloud PBX. karena perawatan dari Cloud PBX sudah dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa Cloud PBX itu sendiri.
Sedangkan jika Anda memakai SIP Trunk Anda memerlukan perawatan cukup rumit. Salah satunya adalah merawat PBX dari kantor Anda dan menjaga pesawat telepon atau IP Phone tetap berjalan dengan baik. Perawatan tersebut juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, melainkan tenaga ahli atau teknis yang harus memahami cara pemeliharaan dari sistem PBX secara keseluruhan.
Secara garis besar, jika Anda memiliki perusahaan besar yang membutuhkan karyawannya untuk tetap didalam kantor, Anda lebih cocok untuk memilih SIP Trunk sebagai jalur komunikasi Anda, tetapi jika Anda belum memiliki ruang server ataupun PBX, Anda juga dapat menggunakan Cloud PBX sebagai jalur komunikasi perusahaan Anda. Selain itu Jika Anda memiliki bisnis yang baru merintis dan mengharuskan untuk menggunakan jalur komunikasi, pilihan yang tepat adalah memakai Cloud PBX.
Jika Anda tertarik untuk menggunakan Cloud PBX ataupun SIP Trunk Jasnita menyediakan layanan yang menyediakan layanan panggilan Cloud PBX maupun SIP Trunk. Anda cukup menghubungi tim Jasnita di sales@jasnita.co.id atau melalui aplikasi WhatsApp di 0811-1901-5555. Kami akan menjawab semua kebutuhan komunikasi perkantoran Anda, dan juga akan memberikan contoh demo secara langsung.