Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Kamis, 21 Juli 2022 | Terakhir Diperbarui hampir 3 tahun yang lalu
CRM atau Customers Relationship Management adalah metode yang digunakan perusahaan untuk melakukan pengelolaan hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. Tujuannya adalah untuk melakukan kegiatan komunikasi dan pemasaran mengenai brand atau produk dari perusahaan. Baik itu melalui email, maupun media sosial lain yang biasa digunakan untuk menjangkau konsumen.
Secara garis besar penggunaan CRM dalam bisnis atau perusahaan anda, dapat mengingkatkan penjualan dan sekaligus juga meningkatkan kepuasan pelanggan anda. Jika pelanggan Anda merasa puas maka akan berdampak kepada loyalty pelanggan terhadap brand bisnis anda.
Selain dapat meningkatkan pendapatan bisnis atau perusahaan anda, CRM juga dapat membantu Anda dalam menyaring pelanggan berkualitas dan yang setia kepada brand anda. Untuk lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa keuntungan yang Anda akan dapatkan jika menggunakan CRM dalam bisnis anda, simaklah manfaat dari CRM berikut ini:
Meningkatkan Hubungan antara Perusahaan dengan Pelanggan
Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan adalah kunci keberhasilan dari perusahaan. Karena jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan maka pelanggan akan merasa perusahaan Anda mengerti dan memahami apa yang mereka inginkan, sehingga akan timbul unsur loyalty pada pelanggan anda.
Meningkatkan Keuntungan
Jika Anda sudah memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Maka mereka juga akan merekomendasikan produk Anda kepada teman, saudara, dan keluarga mereka. Sehingga tingkat penjualan produk juga semakin meningkat. Ini seperti jenis pemasaran “Word of Mouth” dimana pelanggan mengajak semua orang, untuk menyukai dan membeli produk dari bisnis anda.
Meningkatkan Transpantasi Data
Ketika kita menggunakan CRM terdapat percakapan yang lengkap antara perusahaan dengan pelanggan. Maka manajer perusahaan dapat memantau dan mengevaluasi kinerja dari sales atau customers service dari perusahaan anda. Sehingga data tersebut bisa menjadi acuan sebagai bahan pengembangan dari perusahaan anda.
Meningkatkan Efektivitas Pelayanan
Ketika Customers Service atau Sales dari perusahaan Anda yang mengalihkan percakapannya ke staf lain yang jauh lebih menguasai produk dari perushaan anda. Maka staf yang menangani tersebut tidak perlu menjelaskan kepada pelanggan dari awal. Karena terdapat Riwayat chat yang bisa di baca oleh staf tersebut.
Meningkatkan kinerja Customers Service atau Sales
Jika perusahaan Anda menggunakan CRM, kinerja CS dan Sales akan lebih meningkat. Berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, mereka tidak perlu lagi menjelaskan dari awal jika berpindah staff, sehingga CS atau Sales bisa melayani pelanggan selanjutnya secara cepat.
Meningkatkan Time To Market
Perusahaan yang menggunakan CRM, akan memiliki tren penjualan apa yang sedang pelanggan mereka inginkan. Sehingga perusahaan juga tau apa saja yang pelanggannya inginkan, dan kapan mereka membutuhkannya.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Semua manfaat CRM diatas memiliki satu tujuan, yaitu memuaskan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas akan layanan dari perusahaan, akan memperbesar kemungkinan suatu saat mereka akan kembali membeli dan memakai produk anda. Maka potensi Anda mendapatkan pelanggan lebih banyak pastinya akan semakin besar.
Setelah melihat beberapa keuntungan diatas apakah Anda masih kurang yakin bahwa perusahaan Anda tidak membutuhkan CRM? Terlebih lagi jika Anda ingin melakukan branding dari bisnis anda.
CRM akan mempermudah penjualan Anda dengan terencana dengan baik, sehingga bisnis Anda bisa semakin dikenal oleh banyak orang dengan citra yang baik dimata publik. Jika Anda tertarik dengan sistem kerja dari CRM maka sales Jasnita siap membantu anda, dan menjawab semua pertanyaan Anda seputar CRM dari Jasnita.