Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Dampak Layanan Omnichannel Pada Tindakan Pemblokiran PSE

Waktu Publikasi Senin, 29 Agustus 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu

Impact of Omnichannel Services On PSE Blocking Actions

Layanan omnichannel adalah layanan untuk para pemilik bisnis yang memiliki banyak channel atau sosial media. Cara kerja omnichannel sendiri adalah mengintegrasikan semua channel atau media sosial, kedalam satu aplikasi yang bisa menerima chat ataupun pemberitahuan dari semua channel atau media sosial pengguna bisnis tersebut.

Secara garis besar, omnichannel adalah alat yang digunakan perusahaan untuk memudahkan mereka dalam melakukan interaksi dan komunikasi dengan para pelanggan. Omnichannel sendiri sudah banyak dipakai oleh berbagai jenis bisnis di Indonesia, dari travel, fintech, e-commerce, sampai ke bisnis pemerintahan sudah pernah mencoba atau memakai omnichannel untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan mereka.

Belakangan ini kita sering mendengar istilah PSE dan ada beberapa media sosial seperti google, whatsapp dan Instagram akan terancam terblokir oleh PSE, dimana ini sangat merugikan bagi siapapun yang memiliki bisnis dan melakukan transaksinya melalui platform tersebut.

Hal ini menjadi berita yang cukup membuat kaget beberapa perusahaan atau bisnis yang melakukan pemasaran atau transaksi melalui beberapa channel tersebut karena akan terancam terblokir. Bagaimana tidak, kementerian komunikasi dan informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa pendaftaran PSE sekiranya paling lambat tanggal 20 Juli 2022, sedangkan siaran pers yang dilakukan pada tanggal 21 Juli 2022.

Sebelumnya PSE sendiri adalah singkatan dari Penyelenggara Sistem Elektronik, PSE adalah sebuah prosedur baru yang dimulai dari mempersiapkan, memproses, sampai mengirim pesan elektronik ke ruang publik. Sifat dari PSE sendiri adalah menyeluruh yang dapat dikerjakan oleh perorangan maupun perusahaan, tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan umum dan khusus.

PSE sendiri terbagi menjadi 2 lingkup yaitu lingkup yaitu lingkup publik dan lingkup privat, perbedaan dari kedua lingkup tersebut hanyalah dari sisi penyelenggaranya saja. Penyelenggara dari PSE lingkup pubik adalah instansi negara, sedangkan PSE lingkup privat diselenggarakan oleh pribadi atau instansi swasta.

Beberapa waktu kemarin, perusahaan komunikasi online swasta yaitu Instagram, Youtube, WhatsApp, dll mengalami guncangan karena izinnya akan dicabut dan tidak dapat beroperasi lagi di Indonesia. Hal ini dikarenakan Kementerian Kominfo ingin mencabut izin beberapa platform tersebut jika mereka belum mendaftarkan platformnya di PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik).

Tentunya tindakan pemblokiran tersebut akan sangat berdampak bagi pengguna omnichannel di seluruh Indonesia. Pastinya pada awal pemblokiran tersebut banyak pengguna omnichannel merasa kesal dan bingung, karena media sosial tempat mereka melakukan pemasaran akan terkena blokir dan para pemilik bisnis akan kehilangan banyak pelanggannya.

Alasan pemerintah melakukan pemblokiran tersebut dikarenakan berbagai platform media sosial dan platform e-commerce tersebut belum mendaftar menjadi bagian dari PSE. Jika platform tersebut sudah melakukan pendaftaran maka Kementerian Kominfo akan membuka blokir, dan platform tersebut dapat dipakai seperti biasa kembali. 

Terlebih lagi, jalur komunikasi akan lebih aman dibanding sebelumnya, data perusahaan dan data pelanggan akan tersimpan aman dalam cloud pemerintah, dan bagi platform yang menjadi media komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, akan diuji kelayakannya sehingga kedepannya tidak akan ada kendala pada arus komunikasi dan pemasaran bisnis perusahaan.

Jasnita adalah salah satu penyedia Omnichannel dengan tampilan dashboard yang dapat Anda bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan WhatsApp. Selain itu juga dapat diintegrasikan dengan SMS dan Email Anda. 

Dengan menggunakan Omnichannel, Anda tidak perlu lagi mengganti-ganti platform chat untuk membalas pesan masuk dari pelanggan Anda, sehingga kegiatan promosi dan pemasaran juga dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda tertarik untuk menggunakan produk Omnichannel dari Jasnita, Jasnita siap membantu Anda. Hubungi kami melalui alamat email pada sales@jasnita.co.id atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0811-1901-5555.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Study Case
Omni Channel

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Hindari Tebusan 131 Miliar: Lakukan Ini

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Sinergi TikTok Shop dan WhatsApp Business API: Meningkatkan E-commerce di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Menghubungkan Titik-titik: Panduan Integrasi API

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Vaksin Booster Kedua Sudah Dibuka Untuk Kalangan Lansia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Memiliki Layanan 112 untuk Efektivitas Penanggulangan Bencana

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Template Pesan Otomatis untuk WhatsApp Business

5 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

8 Hook Menarik untuk WhatsApp Blast Akhir Tahun

5 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transforming Customer Interactions in Contact Centers

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi untuk Memaksimalkan Tingkat Konversi

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengubah Pengalaman Pelanggan dengan AI

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Poin Penting dari Omnichannel Chat untuk Bisnis

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Bangun Komunitas Bisnis Anda dengan Integrasi Gratis TOSCHAT

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi Kunci untuk Meninggalkan Kesan Mendalam

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transformasi Digital: Mengapa Bisnis Harus Beradaptasi dengan Cepat

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Maksimalkan Customer Engagement: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Solusi Omnichannel Jasnita

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya