Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Artificial Intelligence Sebagai Pengganti Agen Call Center

Waktu Publikasi Senin, 25 Juli 2022 | Terakhir Diperbarui hampir 3 tahun yang lalu

Artificial Intelligence as a Substitute for Call Center Agents

Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan manusia, yang bertujuan untuk membantu manusia untuk menyelesaikan tugas dengan mudah atau dengan kecerdasan AI. Sampai saat ini kecerdasan buatan ini sudah berada pada titik yang bisa dikatakan cukup berhasil. Karena sudah ada beberapa perusahaan yang tidak lagi menggunakan agen call center sebagai garda terdepan perusahaannya, melainkan menggunakan Artificial Intelligence call center.

Meskipun teknologi AI masih dalam tahap perkembangan, tetapi kemampuannya sudah cukup diakui dalam membantu pekerjaan manusia. Saat ini AI bisa membantu Anda dalam menghemat biaya operasional, menerima keluhan pelanggan, membuat data pelanggan yang dapat dikelola, sampai meningkatkan efisiensi agen call center. 

Faktanya alasan terpenting perusahaan menerapkan AI adalah menambah Customers Experience, sehingga mereka bisa merasa nyaman dan bisa merasakan berbicara dengan bot Artificial Intelligence. Berikut ini adalah cara kerja Artificial Intelligence dalam membantu agen Call Center

  1. Membuat Rute Panggilan Prediktif

Ketika mendengar rute panggilan pastinya yang terlintas adalah Bot AI dapat merutekan panggilan ke departemen tertentu. Namun yang sebenarnya adalah Bot AI dapat mencocokan pelanggan dengan tipe layanan yang dimiliki oleh Bot AI tersebut. Teknologi ini bergantung pada profil pelanggan, dan sifat personal dari pelanggan. Sehingga pelanggan akan merasa nyaman dengan layanan dari perusahaan tersebut.

  1. Interactive Voice Response (IVR)

IVR atau Respons suara interaktif adalah teknologi yang memungkinkan penelpon berbicara dengan bot AI. Sebagian besar dari kita sebenarnya sudah pernah merasakan berbicara dengan Bot AI. Karena sudah banyak perusahaan di Indonesia yang sudah memakai IVR pada awal percakapan, setelah dari percakapan tersebut Anda akan dipandu untuk menuju agen call center mana yang ingin Anda tuju.

  1. Chat Bot AI

Jika Anda menghubungi sebuah merek bisnis melalui chat, maka akan ada yang membalas secara cepat, itulah Chat Bot AI atau yang biasa dikenal dengan Chatbot. Saat ini masyarakat hanya ingin melakukan transaksi langsung melalui merek tersebut. Selain lebih terpercaya, pelayanan dari merek bisnis langsung sangatlah baik. Oleh karena itu AI hadir untuk membantu pemilik merek bisnis untuk menjawab semua kebutuhan pelanggan.

  1. Kecerdasan emosional Bot AI

Bentuk lain dari AI adalah kecerdasan emosional. AI dapat melacak sentiment dari pelanggan selama panggilan telepon berlangung. Bot AI mengenalinya dengan mendengar nada suara dari pelanggan, beberapa kali menyela pembicaraan dan bahasa dari pelanggan atau penelpon. Setelah itu Bot AI akan memberikan umpan balik yang membuat pelanggan merasa nyaman dan menenangkan pelanggan tersebut.

  1. Rekomendasi Bot AI

Melanjuti kecerdasan emosional diatas, setelah Bot AI memahami apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka Bot AI akan memberikan rekomendasi mengenai solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan terserbut. Bot AI menilai sentiment dari pelanggan kemudian mencari tahu layanan apa yang bisa diberikan kepada pelanggan tersebut.

  1. Analisis Panggilan

Salah satu fungsi terpenting dan dibutuhkan beberapa perushaaan adalah adanya Riwayat dan analisis panggilan. Bot AI adalah jawaban dari keluhan perusahaan. Bot Ai dapat membuat analisis panggilan mengenai berapa lama agen melakukan panggilan dan seberapa banyak agen atau Bot yang membuat pelanggan puas. 

Sekarang setelah kita membahas mengenai cara dari Artificial Intelligence membantu agen call center, pastinya akan muncul pertanyaan “apakah Bot AI bisa menggantikan Agen call center?” berikut ini adalah penjelasannya.

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah bisa “ya” bisa juga “tidak,” memang kecerdasan buatan Bot AI bisa menangani para pelanggan, tetapi Bot AI tidak bisa menjawab semua keluhan pelanggan. Oleh karena itu agen call center masih dibutuhkan dalam menangani keluhan dari pelanggan.

Jika Anda tertarik untuk memiliki panggilan yang ditangani dengan Bot AI, Anda bisa langsung menghubungi sales Jasnita pada Sales@jasnita.co.id. Anda bisa bertanya mengenai Bot AI Call Center, sales Jasnita siap membantu dan memberikan solusi yang tepat bagi bisnis Anda.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Solutions
JASCLOUD

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Adapt Your Company Today

7 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bangun Komunitas Bisnis Anda dengan Integrasi Gratis TOSCHAT

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi Kunci untuk Meninggalkan Kesan Mendalam

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Memaksimalkan Potensi Bisnis dengan Sistem CRM

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya CRM: Bagaimana Jasnita CRM Menyesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis Anda

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transformasi Digital: Mengapa Bisnis Harus Beradaptasi dengan Cepat

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Maksimalkan Customer Engagement: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Solusi Omnichannel Jasnita

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Pertumbuhan Perusahaan Anda dengan Solusi CRM Jasnita Terbaik : Monday.com

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguasai CRM: Panduan untuk Penggunaan yang Efektif dan Efisien dalam Manajemen Hubungan Pelanggan

sekitar 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mentransformasi Komunikasi Bisnis: Bagaimana JASCLOUD dan SIP Trunk Dapat Memangkas Biaya Telepon dan Meningkatkan Kinerja

sekitar 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Menguak Tren Contact Center di Indonesia: Menghadapi Era Digitalisasi

sekitar 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya