Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Dampak Metaverse Terhadap Transformasi Bisnis Di Indonesia

Waktu Publikasi Rabu, 21 September 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu

Impact of Metaverse on Business Transformation in Indonesia

Akhir-akhir ini Metaverse sudah menjadi bahan perbincangan publik. Dari kalangan menengah sampai kalangan atas berlomba-lomba untuk menjadi orang pertama kali yang sudah mencoba dan memahami apa isi dari metaverse ini. Bahkan sudah banyak ulasan-ulasan yang sudah jelas mengenai apa itu metaverse dan apa itu Virtual Reality (VR).

Secara umum, metaverse sendiri dapat didefinisikan sebagai alam semesta virtual, dimana penggunanya dapat memiliki akses untuk membuat avatarnya secara digital, dan memungkinkan penggunanya untuk hidup dan bermain di dalam dunia digital tersebut. Sebelumnnya istilah metaverse ini diciptakan oleh Neal Stephenson yang ditulis dalam novelnya pada tahun 1992 yang berjudul Snow Crash.

Berita baiknya, saat ini masyarakat sudah dapat mencoba dan berselancar di dunia virtual reality. Banyak juga kalangan pembuat konten yang sudah melakukan ulasan yang cukup jelas dan padat, mengenai apa saja yang bisa mereka lakukan jika mereka masuk kedalam dunia virtual. Hal ini bisa terjadi karena ambisi besar pemilik facebook yang merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata.

Dalam dunia virtual, penggunanya dapat melakukan aktivitas seperti biasanya mulai dari bekerja, berinvestasi, sampai berbisnis dengan para mitra mereka. Dunia virtual ini sangat berdampak pada para pemilik bisnis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Seiring dengan terus berkembangnya metaverse, tentunya banyak bisnis yang ikut ikut terjun dan menjual beberapa produknya melalui dunia virtual. Bagi para pemilik bisnis, metaverse adalah wadah baru yang dapat mereka gunakan untuk memasarkan produk-produk mereka. Selain memasarkan produk, mereka juga dapat bertemu secara virtual dengan beberapa pelanggannya di dalam dunia virtual. Hal ini yang mendorong para pemilik bisnis ingin mencoba untuk terjun ke dunia virtual dan melakukan promosi produk mereka melalui dunia virtual. 

Para pengguna metaverse pun dapat mencoba dan mengeksplorasi produk dari suatu bisnis secara langsung. Bahkan mereka bisa langsung melakukan transaksi dengan bisnis tersebut. Disamping itu, saat ini dunia juga sangat dimudahkan dengan adanya dompet virtual yang dapat memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi secara langsung di dunia virtual. Selain itu konsumen atau pengguna metaverse juga nantinya akan mendapatkan pengalaman baru dengan berbelanja di dunia virtual melalui video 360°.

Oleh karena itu, dengan hadirnya metaverse, para pelaku bisnis harus mulai bersiap untuk beradaptasi dengan tren dunia virtual ini. Sehingga suatu saat nanti jika tren ini tetap berlanjut, para pemilik bisnis sudah siap dan tahu harus bagaimana mentransformasikan bisnisnya menuju dunia virtual. 

Pelaku bisnis juga harus memikirkan bagaimana bisnis mereka bisa hadir di dunia metaverse, dan menemukan cara yang sesuai untuk melakukan promosi dari produk mereka. Kemudian pelaku bisnis juga harus menentukan bagaimana cara mereka bisa berinovasi dan menciptakan pengalaman yang berbeda dengan agar produk mereka akan tetap digemari oleh para pengguna metaverse.

 

Jasnita mengajak Anda untuk merasakan bagaimana produk Anda hadir di dunia virtual yang terasa begitu nyata. Berikan pengalaman menarik dan berbeda bagi pelanggan Anda.  Hubungi tim kami untuk jadwalkan demonya…

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Solutions
Study Case

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Adapt Your Company Today

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Hindari Tebusan 131 Miliar: Lakukan Ini

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Sinergi TikTok Shop dan WhatsApp Business API: Meningkatkan E-commerce di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Menghubungkan Titik-titik: Panduan Integrasi API

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Vaksin Booster Kedua Sudah Dibuka Untuk Kalangan Lansia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Layanan 112 Untuk Kabupaten & Kota Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Memiliki Layanan 112 untuk Efektivitas Penanggulangan Bencana

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya