Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

3 Elemen Dasar Dalam Menggunakan Omnichannel

Waktu Publikasi Jumat, 16 September 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu

3 Basic Elements of Using Omnichannel

Bagi para pemilik bisnis pastinya sudah sering mendengar kata Omnichannel. Omnichannel sendiri adalah saluran yang berbasis cloud yang dapat menampung semua percakapan antara penjual dan pelanggan dari berbagai platform chatting media sosial. 

Pada dasarnya sistem omnichannel ini bisa sangat membantu bagi para pemilik bisnis, tetapi jika pengguna omnichannel sendiri tidak mengerti dan mengetahui bagaimana cara kerja dari omnichannel, bagaimana bisnis mereka bisa mencapai target penjualan atau mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu kami disini akan menjelaskan 3 elemen dasar yang harus diketahui para pengguna omnichannel dalam melakukan kegiatan pemasaran menggunakan platform omnichannel. Berikut ini adalah 3 elemen dasar tersebut:

  1. Mengidentifikasi Platform Media Sosial

Jika Anda memiliki bisnis dan melakukan pemasaran menggunakan saluran omnichannel, pastikan Anda melakukan identifikasi saluran mana yang sering digunakan oleh calon pelanggan Anda. Banyak kegiatan pemasaran menjadi gagal dikarenakan pengguna omnichannel tidak mengetahui platform apa yang sering digunakan oleh calon dari pelanggan mereka. Alhasil pengguna omnichannel tersebut tidak dapat mencapai perspektif dan keinginan dari para pelanggannya. 

Lakukanlah observasi dan identifikasi mengenai calon pelanggan Anda, saluran mana saja yang sering mereka pakai, dan perangkat apa yang mereka sering pakai dalam melakukan pembelian produk Anda. Hal ini dapat berguna untuk Anda, Anda dapat membuat strategi dalam melakukan jenis pemasaran yang tepat untuk mendapatkan hati pelanggan Anda.

Jika Anda sudah mendapatkan data-data tersebut maka Anda dapat menentukan point of sale dari produk bisnis Anda, dan Anda juga bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak dari sebelumnya.

  1. Melakukan Adaptasi Saluran Komunikasi Pemasaran

Lakukanlah adaptasi komunikasi pemasaran, karena mungkin saja yang dahulu sempat menjadi jalur komunikasi utama, saat ini sudah tidak aktif lagi. Saat ini jalur komunikasi berkembang dan berubah sangat cepat tergantung dengan trend yang ada. 

Jika melihat 5-10 tahun kebelakang kita tidak akan terpikirkan dengan apa yang terjadi pada saat ini, perbedaannya akan terlihat sangat jelas. Jika 5-10 tahun lalu SMS (Short Message Service) masih menjadi saluran inti dari komunikasi perpesanan, tetapi sekarang SMS bukan lagi menjadi saluran inti dari komunikasi perpesanan. Karena sudah banyak aplikasi chatting yang membantu penggunaannya untuk bertukar pesan tanpa mengeluarkan biaya pulsa yang cukup mahal. Pengguna hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa bertukar pesan antara komunikator kepada komunikan.

Melihat kebiasaan atau kecenderungan pelanggan yang sering berubah-ubah, maka pemilik bisnis juga harus mengikuti dan menyesuaikan jalur komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan mereka. Pastikan bahwa pelanggan tetap terhubung dengan bisnis, dan lakukanlah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda sehingga pelanggan tersebut bisa merasa senang dan dihargai jika melakukan transaksi di bisnis Anda.

  1. Mengoptimalkan Proses Interaksi 

Kemudian yang terakhir adalah mengoptimalkan proses interaksi dengan pelanggan. Biasakan Anda harus mencoba-coba sebuah strategi bisnis baru, agar bisnis bisa mendapatkan prospek terbaik. Cara terbaiknya adalah mengoptimalkan proses interaksi, sehingga berdampak baik bagi finansial bisnis dan juga berguna untuk menambah kepuasan pelanggan dari bisnis Anda.

Mulailah dengan mengoptimalkan kegiatan pemeriksaan stok barang, cepat dalam memproses pesanan, sampai pengemasan yang cepat. Sehingga pelanggan akan merasa pelayanan dari bisnis Anda cepat dan tepat.

Pada akhirnya, tujuan dari usaha yang Anda lakukan ini adalah untuk membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang disediakan oleh bisnis Anda dan juga untuk memastikan bahwa pelanggan tersebut akan melakukan repeat order terhadap bisnis Anda baik melalui datang ke toko bisnis Anda maupun ke toko online Anda.

 

Tujuan dari ketiga elemen diatas adalah membuat bisnis pengguna omnichannel menjadi berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan. Selain itu dengan menerapkan elemen-elemen tersebut secara tidak langsung bisnis Anda juga menerapkan sistem untuk memuaskan pelanggan. Hal ini juga menjadi keuntungan ekstra untuk bisnis Anda. 

Jika Anda tertarik untuk memiliki dan menggunakan sistem omnichannel, Anda bisa langsung menghubungi Jasnita melalui alamat email di sales@jasnita.co.id, atau melalui aplikasi WhatsApp di 0811-1901-5555. Jasnita akan melayani semua kebutuhan Anda dan bisnis Anda.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami

Newsletter

Berlangganan untuk menerima pembaruan dan berita kami melalui email!

Kategori::
Products
Solutions
Omni Channel

Blog Terkait:

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Cara WhatsApp Business Dalam Membangun Hubungan Dengan Pelanggan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

PT Jasnita Telekomindo Tbk. Turut Serta dalam Implementasi Analog Switch Off (ASO) oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Jasnita Mendukung Hadirnya Smart City Dengan Menghadirkan Smart Lighting Untuk Lampu Jalanan

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Perbedaan dan Fungsi dari Cloud PBX dan SIP Trunk

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Adapt Your Company Today

8 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Tingkatkan Keamanan Dengan Solusi AI Video Surveillance

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

IoT (Internet of Things) dan VoIP (Voice over Internet Protocol): Transformasi Komunikasi di Era Digital

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pengaruh AI Pada UMKM

lebih dari 1 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengapa PABX Sudah Tidak Seefektif Dahulu?

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Mencegah Bocornya Data, DPR Menyetujui Anggaran BSSN Rp 624 Miliar

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Pentingnya Mengaktifkan Nomor 112 Di Seluruh Kota Dan Kabupaten Di Indonesia

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

6 Indikator Penting yang Dibutuhkan Untuk Membangun Smart City

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Bagaimana SPV Menangani seluruh Agent Call Center Di Seluruh Indonesia Dalam Satu Portal

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Transfer Panggilan Tanpa Charge Biaya Dan Dapat Dilakukan Dimanapun

lebih dari 2 tahun yang lalu

Baca Selengkapnya

Template Pesan Otomatis untuk WhatsApp Business

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

8 Hook Menarik untuk WhatsApp Blast Akhir Tahun

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transforming Customer Interactions in Contact Centers

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi untuk Memaksimalkan Tingkat Konversi

6 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Mengubah Pengalaman Pelanggan dengan AI

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Poin Penting dari Omnichannel Chat untuk Bisnis

9 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Bangun Komunitas Bisnis Anda dengan Integrasi Gratis TOSCHAT

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Strategi Kunci untuk Meninggalkan Kesan Mendalam

10 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Transformasi Digital: Mengapa Bisnis Harus Beradaptasi dengan Cepat

11 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya

Maksimalkan Customer Engagement: Tingkatkan Bisnis Anda dengan Solusi Omnichannel Jasnita

12 bulan yang lalu

Baca Selengkapnya