Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Jumat, 16 September 2022 | Terakhir Diperbarui lebih dari 2 tahun yang lalu
Bagi para pemilik bisnis pastinya sudah sering mendengar kata Omnichannel. Omnichannel sendiri adalah saluran yang berbasis cloud yang dapat menampung semua percakapan antara penjual dan pelanggan dari berbagai platform chatting media sosial.
Pada dasarnya sistem omnichannel ini bisa sangat membantu bagi para pemilik bisnis, tetapi jika pengguna omnichannel sendiri tidak mengerti dan mengetahui bagaimana cara kerja dari omnichannel, bagaimana bisnis mereka bisa mencapai target penjualan atau mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu kami disini akan menjelaskan 3 elemen dasar yang harus diketahui para pengguna omnichannel dalam melakukan kegiatan pemasaran menggunakan platform omnichannel. Berikut ini adalah 3 elemen dasar tersebut:
Mengidentifikasi Platform Media Sosial
Jika Anda memiliki bisnis dan melakukan pemasaran menggunakan saluran omnichannel, pastikan Anda melakukan identifikasi saluran mana yang sering digunakan oleh calon pelanggan Anda. Banyak kegiatan pemasaran menjadi gagal dikarenakan pengguna omnichannel tidak mengetahui platform apa yang sering digunakan oleh calon dari pelanggan mereka. Alhasil pengguna omnichannel tersebut tidak dapat mencapai perspektif dan keinginan dari para pelanggannya.
Lakukanlah observasi dan identifikasi mengenai calon pelanggan Anda, saluran mana saja yang sering mereka pakai, dan perangkat apa yang mereka sering pakai dalam melakukan pembelian produk Anda. Hal ini dapat berguna untuk Anda, Anda dapat membuat strategi dalam melakukan jenis pemasaran yang tepat untuk mendapatkan hati pelanggan Anda.
Jika Anda sudah mendapatkan data-data tersebut maka Anda dapat menentukan point of sale dari produk bisnis Anda, dan Anda juga bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak dari sebelumnya.
Melakukan Adaptasi Saluran Komunikasi Pemasaran
Lakukanlah adaptasi komunikasi pemasaran, karena mungkin saja yang dahulu sempat menjadi jalur komunikasi utama, saat ini sudah tidak aktif lagi. Saat ini jalur komunikasi berkembang dan berubah sangat cepat tergantung dengan trend yang ada.
Jika melihat 5-10 tahun kebelakang kita tidak akan terpikirkan dengan apa yang terjadi pada saat ini, perbedaannya akan terlihat sangat jelas. Jika 5-10 tahun lalu SMS (Short Message Service) masih menjadi saluran inti dari komunikasi perpesanan, tetapi sekarang SMS bukan lagi menjadi saluran inti dari komunikasi perpesanan. Karena sudah banyak aplikasi chatting yang membantu penggunaannya untuk bertukar pesan tanpa mengeluarkan biaya pulsa yang cukup mahal. Pengguna hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa bertukar pesan antara komunikator kepada komunikan.
Melihat kebiasaan atau kecenderungan pelanggan yang sering berubah-ubah, maka pemilik bisnis juga harus mengikuti dan menyesuaikan jalur komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan mereka. Pastikan bahwa pelanggan tetap terhubung dengan bisnis, dan lakukanlah pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda sehingga pelanggan tersebut bisa merasa senang dan dihargai jika melakukan transaksi di bisnis Anda.
Mengoptimalkan Proses Interaksi
Kemudian yang terakhir adalah mengoptimalkan proses interaksi dengan pelanggan. Biasakan Anda harus mencoba-coba sebuah strategi bisnis baru, agar bisnis bisa mendapatkan prospek terbaik. Cara terbaiknya adalah mengoptimalkan proses interaksi, sehingga berdampak baik bagi finansial bisnis dan juga berguna untuk menambah kepuasan pelanggan dari bisnis Anda.
Mulailah dengan mengoptimalkan kegiatan pemeriksaan stok barang, cepat dalam memproses pesanan, sampai pengemasan yang cepat. Sehingga pelanggan akan merasa pelayanan dari bisnis Anda cepat dan tepat.
Pada akhirnya, tujuan dari usaha yang Anda lakukan ini adalah untuk membuat pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang disediakan oleh bisnis Anda dan juga untuk memastikan bahwa pelanggan tersebut akan melakukan repeat order terhadap bisnis Anda baik melalui datang ke toko bisnis Anda maupun ke toko online Anda.
Tujuan dari ketiga elemen diatas adalah membuat bisnis pengguna omnichannel menjadi berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan. Selain itu dengan menerapkan elemen-elemen tersebut secara tidak langsung bisnis Anda juga menerapkan sistem untuk memuaskan pelanggan. Hal ini juga menjadi keuntungan ekstra untuk bisnis Anda.
Jika Anda tertarik untuk memiliki dan menggunakan sistem omnichannel, Anda bisa langsung menghubungi Jasnita melalui alamat email di sales@jasnita.co.id, atau melalui aplikasi WhatsApp di 0811-1901-5555. Jasnita akan melayani semua kebutuhan Anda dan bisnis Anda.