Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Kamis, 28 Juli 2022 | Terakhir Diperbarui hampir 3 tahun yang lalu
Jaringan telepon analog adalah jaringan yang dipakai oleh beberapa perkatoran untuk melakukan aktivitas komunikasi jarak jauh atau sekedar menelepon antar divisi di kantor. Biasanya telepon analog ini dikenal dengan sebutan PABX (Private Automatic Branch eXchange).
Layanan PABX adalah layanan telepon konvensional yang menggunakan kabel, dan terpusat pada switchboard sebagai Control Station. Sehingga bisa berguna sebagai alat Telepon, mesin Fax, modem, ataupun komunikasi antar divisi kantor maupun jarak jauh.
Perusahaan yang biasa menggunakan sistem PABX ini adalah perusahaan jasa seperti bank, transportasi, asuransi, telekomunikasi, food delivery, sampai pemerintah. Pihak pemerintah menggunakan PABX untuk melakukan komunikasi, sehingga kegiatan bisa terkoordinasi dengan lancar. Selain itu sistem telepon PABX juga memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, oleh karena itu pemerintah berani untuk menggunakan sistem PABX ini.
Tetapi dari semua kelebihan itu, sistem PABX masih memiliki kekurangan yang membuat beberapa perusahaan enggan untuk menggunakannya. Salah satu alasannya adalah biaya telepon keluar (outgoing call) dihitung per panggilan keluar, sehingga ketika aktivitas komunikasi di kantor sedang tinggi, maka biaya yang dibebankan juga ikut meningkat.
Bahkan, sistem penggunaan PABX konvensional dinilai sangat tidak efektif bagi kantor yang memiliki banyak cabang didalam atau diluar negeri. Karena jaringan seluler yang disediakan oleh sistem PABX konvensional masih terbatas.
Solusi yang tepat dari permasalahan ini adalah dengan meningkatkan sistem jaringan telepon PABX ke sistem jaringan telepon digital atau biasa dikenal dengan IP PBX. IP PABX atau Internet Protocol Private Branch eXchange adalah PABX yang terintegrasi dengan jaringan internet sehingga memungkinkan PABX konvensional di konversi menjadi sinyal digital yang di salurkan oleh jaringan internet atau Internet Protocol (IP).
Kelebihan yang sangat jelas terlihat dari penggunaan IP PBX adalah sistem IP PBX bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan sistem telepon PABX. Karena IP PBX hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa melakukan panggilan. Selain itu suara yang dihasilkan juga akan terasa lebih jernih dan halus.
Jika anda tertarik untuk mencoba dan menggunakan layanan IP PBX, Jasnita adalah jawaban yang tepat. Anda akan diberikan penjelasan mengenai bagaimana kerja dari IP PBX dan bagaimana cara menggunakannya. Anda cukup menghubungi pihak sales Jasnita di sales@jasnita.co.id atau melalui pesan WhatsApp di 0811-1901-5555.