Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Perbedaan antara platform – WhatsApp Messenger, WhatsApp Business App dan Business API

Waktu Publikasi Rabu, 08 September 2021 | Terakhir Diperbarui lebih dari 3 tahun yang lalu

Differences between platforms – WhatsApp Messenger, WhatsApp Business App and Business API

Platform WhatsApp dirancang untuk berbagai pengguna baik antar individu maupun dengan industri kecil hingga besar.

Perbedaan cukup terlihat dari ketiga platform ini:

  • WhatsApp Messenger
  • WhatsApp Business App
  • WhatsApp Business API

WhatsApp dirancang sebagai media komunikasi lintas platform. Secara personal digunakan untuk komunikasi dengan orang-orang terdekat. WhatsApp menjadi salah satu platform dengan pengguna yang terbesar di dunia dengan barbagai fitur komunikasi yang cukup lengkap mulai dari teks, suara, dan video.

Aplikasi WhatsApp Business membantu pemilik bisnis untuk membuat profil lengkap, jam kerja, katalog produk, tautan ke situs web, mengatur pesan otomatis. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis tersedia di Android dan iOS yang dibuat dengan mempertimbangkan pemilik usaha kecil. Aplikasi WhatsApp Business membantu pengguna memecahkan masalah mereka. Meskipun ada batasan-batasan pada fitur yang menjadikannya kurang efektif.

Sedangkan WhatsApp Businss API dibuat dengan pertimbangan yang lebih besar untuk kebutuhan bisnis menengah hingga besar. Dengan mendapatkan akses dari WhatsApp dengan mendaftar ke penyedia API.

WhatsApp Business API dirancang untuk menghilangkan batasan-batasan pada Aplikasi WhatsApp Business, menambahkan fitur untuk memperluas fungsionalitas WhatsApp. API jauh lebih fleksibel dan fitur hanya dibatasi oleh alat yang di integrasikan atau dibuat oleh bisnis.

Perbadaan signifikan yang didapat pada WhatsApp Business App dan WhatsApp Business API

Pada Aplikasi WhatsApp Bisnis yang dioperasikan melalui perangkat seluler untuk bisnis kecil dengan lebih sedikit permintaan pelanggan. Sedangkan WhatsApp Business API melayani kebutuhan bisnis yang lebih besar dan memiliki tim layanan pelanggan yang menangani pesan pelanggan dalam jumlah besar. Untuk itu WhatsApp Business API dapat dioperasikan secara desktop dan dapat digunakan oleh lebih banyak agen.

Fitur profil bisnis dan potensi centang hijau terverifikasi pada WhatsApp Business API tidak dapat diperoleh pada Aplikasi WhatsApp Business.  Hal ini menguntungkan karena bisnis dapat memperoleh kredibilitas lebih dan kepercayaan pelanggan. Pengguna WhatsApp dapat melihat bisnis Anda tanpa harus menyimpan nomor pada kontak mereka.

Mengirimkan pesan otomastis maupun menjawab pertanyaan secara instan. Ini salah satu kelebihan dari WhatsApp Business API. Pesan bot interaktif yang mengirim pesan untuk pertanyaan umum, meningkatkan keterlibatan dengan bot, menghasilkan tanggapan yang lebih cepat ke pelanggan, juga mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan Anda.

Dengan API terintegrasi, layanan pelanggan Anda tidak dibatasi jumlahnya, maupun penggunaannya dalam satu waktu di lokasi berbeda. Anda dapat menyesuaikan segala alur proses dengan alur bisnis Anda.

Menggunakan system pemesanan dan POS yang dapat diintegrasikan. Sehingga Anda memberikan pesan konfirmasi dan pembayaran instan di WhatsApp, tidak terbatas hanya melalui email/SMS.

 Mana yang Harus Anda pilih?

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini dan dalam waktu dekat. Jika menerima lebih dari 50pesan perhari, Anda dapat memilih WhatsApp Business API. Jika Anda memiliki banyak sosial media dan kesulitan untuk menghadapi pesan pelanggan yang kian banyak, Omnichannel menjadi solusi terbaik untuk Anda.

 

Hubungi tim ahli kami untuk menentukan layanan yang terbaik untuk bisnis Anda.

 

 

 

 

 

 

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami