Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Kamis, 22 Juli 2021 | Terakhir Diperbarui lebih dari 3 tahun yang lalu
Mengapa WhatsApp untuk layanan keuangan?
WhatsApp memiliki basis pengguna lebih dari 2,1 miliar pengguna di dunia. Ini secara teknis menjadikannya negara terpadat di dunia. WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, dengan peningkatan 148% dalam jumlah pesan WhatsApp antara April – Juni.
Berdasarkan organisasi BFSI; POV, WhatsApp menawarkan jalur sederhana untuk terhubung dengan klien mereka dari jarak jauh karena
Â
Bagaimana mengguunakan WhatsApp dan Chatbot untuk mengirim pesan dalam perjalanan pelanggan
Pra-Pembelian
Pembelian
Pasca Pembelian
Â
Anda dapat membuat chatbot untuk berbagai kebutuhan.Â
Untuk transaksi langsung seperti peminjaman, akun tabungan dan transaksi berbasis rekening tabungan/deposito.
Â
1. Pengambilan informasi
Sering kali, klien lama ingin mengetahui laporan rekening mereka, atau mereka ingin mengetahui informasi kartu kredit. Sebagian besar adalah tindakan dasar yang tidak memerlukan bantuan manusia. Bot yang terhubung ke database CRM organisasi cukup baik untuk mengambil informasi tersebut dari akun pelanggan.
Berdasarkan informasi tersebut, nasabah mungkin ingin menarik sejumlah uang dari ATM terdekat. Bot Anda dapat dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga memberi mereka daftar ATM terdekat berdasarkan input kata kunci.
Â
2. Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)
Pertanyaan seperti mengubah alamat terdaftar, mengubah kata sandi perbankan, atau seputar pembayaran kartu kredit, pembayaran pinjaman, mendapatkan loker untuk deposit dapat dijawab oleh bot kami.
Â
3. Tindakan terkait kartu kredit
Kehilangan kartu kredit atau penipuan kartu kredit adalah masalah besar dan biasanya orang ingin segera memblokir kartu kredit. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan WhatsApp juga.
Â
4. Pembukaan Rekening
Calon klien dapat dibantu dengan membuka akun baru di WhatsApp secara langsung.
Â
5. Aplikasi Pinjaman
Terkadang klien ingin mengetahui dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman, dan biasanya mereka lebih suka berbicara dengan petugas pinjaman untuk memahami hal yang sama. Petugas dapat langsung mengobrol dengan pelanggan dan menggunakan riwayat transaksi klien untuk memberi mereka opsi pinjaman terbaik.
Â
6. Notifikasi Transaksional
Sekarang klien telah membeli produk, bisnis Anda dapat secara otomatis memicu template Account_Update dan mengirim pemberitahuan kepada klien yang memiliki informasi terkait pembelian seperti pengiriman dan faktur.
Â
7. Advokasi Pelanggan (Program Umpan Balik dan Loyalitas)
Terakhir, di akhir percakapan, Anda dapat meminta umpan balik dari pelanggan Anda di WhatsApp melalui survei berbasis bot atau aplikasi pasar pihak ketiga. Berdasarkan umpan balik ini, Anda dapat mendorong bot pribadi untuk memahami maksud negatif dan membantu meningkatkan layanan Anda.
Juga, untuk pengguna kartu kredit khusus, Anda dapat mengirim pesan proaktif memperbarui mereka dengan poin loyalitas mereka. Setelah klien membalas, Anda dapat menjalankan game menggunakan bot di WhatsApp untuk membantu mereka menukarkan poin loyalitas.
Â
Â