Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Rabu, 23 Juni 2021 | Terakhir Diperbarui hampir 4 tahun yang lalu
Generasi milenial memungkinkan untuk memiliki minimal 2 aplikasi obrolan terpasang pada ponsel pintar. Bagaimana dengan Anda? Whatsapp contohnya telah memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, Facebook Messanger memiliki 1,3 miliar pengguna, Line 217 juta pengguna. Dan masih banyak lagi aplikasi obrolan lainnya.
Sebagai seorang konsumen, menggunakan aplikasi ini sekedar untuk berkomunikasi antar teman, atau keluarga, namun seiring berjalannya waktu semakin lazim digunakan untuk berkomunikasi bisnis.
Perlu Anda ketahui, terdapat dua perbedaan besar antara aplikasi obrolan dan SMS
Sedangkan beberapa aplikasi obrolan digunakan untuk beberapa tujuan :
Aplikasi obrolan merupakan cara yang baik dalam menjangkau pelanggan pada saluran komunikasi yang mereka sukai. Dengan mengurangi jumlah pertanyaan dukungan yang masuk melalui panggilan telepon, pelanggan dapat lebih berhemat. Banyak pusat panggilan melaporkan bahwa setelah memasukkan obrolan, volume panggilan menurun, dan biaya interaksi pelanggan secara drastis menurun. Namun bukan berarti pusat panggilan menjadi tidak penting. Hal yang terpenting, agen dukungan pelanggan dapat menangani beberapa percakapan obrolan sekaligus, sementara panggilan telepon membutuhkan perhatian yang tidak terbagi.
Pada perusahaan yang umumnya baru merintis, menggunakan CRM atau pusat kontak, atau bahkan tidak sama sekali. Pada tahab ini, kami merekomendasikan Anda untuk melihat aplikasi obrolan dengan portal sebagai pusat pesan masuk, menetapkan konversi ke agen, dan menanggapi pertanyaan. Diamping itu dapat memungkinkan Anda untuk memulai kontak ke pelanggan. Anda dapat mengirim pesan ke pelanggan tanpa menunggu permintaan masuk.
Perusahaan yang lebih berkembang biasanya menggunakan sistem pendukung seperti Zendesk, Freshdesk, atau Salesforce untuk mendukung tim berukuran sedang. Mereka memungkinkan dukungan suara sebagai saluran, namun belum mengaktifkan aplikasi obrolan sebagai saluran dukungan. Pada perusahaan ini, akan sangat membantu apabila menggunakan aplikasi obrolan tanpa integrasi dengan alat dukungan utama Anda. Tim Anda dapat terus menggunakan alat mereka yang sudah ada.
Perusahaan maju atau yang lebih besar, biasanya memiliki perangkat lunak pendukung yang lebih canggih dalam beberapa tim pendukung. Mereka memiliki alat dan layanan khusus yang diintegrasikan oleh teknisi khusus. Untuk perusahaan ini, ada baiknya menggunakan aplikasi cahat melalui API. Ini akan menungkinkan teknisi untuk membangun ke dalam sistem yang telah ada.
Omni Channel JASCLOUD
Jascloud omni channel API, memberikan kenyamanan dalam menerima dan mengirim pesan dari berbagai saluran. Sistem ini dapat diinitegrasikan ke CRM maupun sistem Contact Center.
Omni-Channel Ini memungkinkan Anda untuk :
– Menjangkau pelanggan melalui aplikasi obrolan yang biasa mereka gunakan termasuk WhatsApp, Facebook messanger, Live obrolan website, dll.
– Tingkatkan keterlibatan melalui penggunaan konten variatif yang secara otomatis beradaptasi dengan berbagai saluran aplikasi obrolan.
– Bayangkan kembali keterlibatan pelanggan melalui percakapan dua arah di beberapa aplikasi obrolan.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Jascloud Omni-Channel, Anda dapat menghubungi timkami atau mengisi form di bawah ini. Tim kami akan memberikan solusi sesuai kebutuhan Anda.