Mengubah kembali pengalaman pelanggan Anda dengan solusi Jasnita CX.
Waktu Publikasi : Senin, 08 Mei 2023 | Terakhir Diperbarui sekitar 2 tahun yang lalu
Pada Kuartal 1 2023, PT Jasnita Telekomindo Tbk, berhasil mencatatkan laporan keuangannya dengan kinerja yang sangat baik. Dalam laporan tersebut, Perseroan mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp. 4,6 miliar, yang merupakan indikator kuat dari kinerja keuangannya yang baik. Kenaikan laba ini tidak lepas dari kinerja dari anak Perseroan yaitu PH1 Innovax Call Center Pte Ltd. Anak Perseroan tersebut telah berhasil memperkuat posisinya dalam industri telekomunikasi dan terus berkembang dengan pesat, menghasilkan laba yang signifikan bagi Perseroan induknya.
Revenue Growth Rate Perseroan juga menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 113% pada Q1 tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 29,7%. Hal ini menunjukkan bahwa Perseroan mampu meningkatkan pendapatan dari sisi penjualan atas beberapa produk JAST yaitu, Call Center, Omnichannel, Whatsapp Business API dan JasCloud, dan lainnya.
Untuk mengevaluasi kinerja keuangan Perseroan dapat dilihat dari rasio profitabilitas seperti, Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE), Revenue Growth Rate. Net Profit Margin Perseroan mengalami peningkatan dari -21.3% pada tahun 2022, menjadi 13.9% pada Q1 tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa Perseroan berhasil memperbaiki efisiensi dalam mengelola biaya operasional sehingga laba bersih yang dihasilkan meningkat. Meningkatnya laba bersih ini tidak lepas dari kontribusi anak usaha Perseroan yaitu PH1 Innovax Call Center Pte Ltd., dan peningkatan produk atau layanan yang ditawarkan, serta perluasan pasar ke wilayah yang baru dari PH1 Innovax Call Center Pte Ltd di Singapura.
Di sisi lain, ROA dan ROE Perseroan masih menunjukkan angka yang positif yaitu ROE sebesar 6,1% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar -7,3% serta ROA sebesar 3,6% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar -3,4%. Peningkatan ini menunjukan bahwa Perseroan mampu mengelola aset dan modal dengan efektif untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Dalam meningkatkan kinerjanya, Perseroan juga melakukan berbagai strategi seperti peningkatan kualitas layanan, pengembangan produk yang lebih inovatif seperti Smart City, dan pengelolaan risiko yang lebih baik.
Saat ini Perseroan tengah memfokuskan pengembangan produk inovatif untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik di lingkungan pemerintahan dan Swasta. Dalam upayanya untuk mencapai tujuan tersebut, Perseroan berusaha memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta internet of things (IoT) untuk menciptakan produk-produk Smart City yang canggih dan efektif. Dalam mengembangkan produk smart city ini, perseroan menggabungkan kecanggihan teknologi dengan pengalaman dalam menyediakan solusi terbaik bagi Masyarakat, Swasta, dan pemerintahan. Produk-produk Smart City ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan Swasta dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan serta mempercepat proses pengambilan keputusan yang lebih tepat.
Melalui produk-produk smart city seperti Smart Lighting, CCTV Surveilance, Command Center, dan AI Intelligence perseroan berharap dapat membantu pemerintah maupun swasta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta menciptakan lingkungan yang lebih aman, nyaman, dan terintegrasi. Perseroan berkomitmen untuk menjalankan proyek ini dengan sepenuh hati dan menargetkan agar proyek ini dapat berjalan dengan sukses pada tahun ini.
Dalam keseluruhan, PT Jasnita Telekomindo Tbk berhasil menunjukkan kinerja keuangan yang positif, namun tidak berhenti disitu, Perseroan akan terus meningkatkan efektivitas penggunaan aset dan modalnya untuk mencapai laba yang lebih tinggi di masa depan.
Direksi
PT Jasnita Telekomindo Tbk.