Loading 0%

Blog

Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.

Kembali

Harga WhatsApp Business: Yang Perlu Anda Ketahui untuk 2022

Waktu Publikasi Rabu, 22 Desember 2021 | Terakhir Diperbarui lebih dari 3 tahun yang lalu

WhatsApp Business Pricing: What You Need to Know for 2022

Sebagai aplikasi perpesanan nomor 1 di dunia, WhatsApp telah menjadi bagian penting dari komunikasi bisnis-ke-pelanggan (B2C).

Solusi WhatsApp Business memungkinkan organisasi untuk mengirim pemberitahuan template yang berguna kepada pelanggan dan untuk menanggapi serta mendukung mereka yang menjangkau mereka di saluran.

Namun, aplikasi obrolan terkenal di dunia baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan membuat perubahan pada model harganya tahun depan. Baca terus untuk mengetahui detail model penetapan harga WhatsApp Business yang baru dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis Anda.

Perubahan harga WhatsApp Business

Hingga saat ini, model penetapan harga WhatsApp didasarkan pada biaya bisnis untuk pemberitahuan template yang mereka kirim, sementara percakapan yang dimulai pelanggan tidak dikenai biaya selama 24 jam pertama.

Namun, mulai 1 Februari 2022, ini akan berubah.

WhatsApp akan beralih dari model penetapan harga berbasis notifikasi ke model berbasis percakapan untuk organisasi yang menggunakan solusi bisnisnya.

 

Penetapan harga berdasarkan percakapan dijelaskan

Dalam model penetapan harga berbasis pemberitahuan saat ini, WhatsApp hanya mengenakan biaya untuk pesan berpola yang dikirim ke pelanggan di luar jendela 24 jam.

Mulai 1 Februari 2022, bisnis akan dikenakan biaya per percakapan, bukan per pesan yang dikirim, terlepas dari siapa yang memulai percakapan. Namun, tingkat percakapan yang diprakarsai oleh bisnis akan berbeda dari yang dimulai oleh pelanggan.

 

Apa yang dianggap sebagai percakapan?

WhatsApp mendefinisikan percakapan sebagai sesi 24 jam tetap yang mencakup semua pesan yang dikirimkan ke pelanggan – kata kuncinya di sini adalah terkirim, bukan terkirim. Jika pesan tidak terkirim, percakapan belum dimulai dan tidak akan dikenakan biaya.

Sesi percakapan 24 jam dimulai ketika:

Bisnis mengirim pesan dan pesan dikirim ke pelanggan, terlepas dari apakah pelanggan membalas

Pelanggan mengirim pesan yang terkirim dan bisnis membalas dengan pesan yang juga terkirim

Penting untuk digarisbawahi bahwa dalam sesi 24 jam ini, biaya hanya dikeluarkan sekali (per setiap percakapan 24 jam). Tetapi biaya sesi bervariasi tergantung pada kode negara nomor telepon pelanggan.

 

Ketika satu sesi 24 jam (dengan kata lain, satu percakapan) berakhir, setiap pesan baru yang dikirim dari bisnis akan memulai sesi baru yang akan dikenakan biaya.

Anda dapat langsung menghubungi tim kami untuk presentasi lebih lanjut.

Hubungi Kami