Tetap terkini dengan wawasan bisnis kami, tips ahli, dan berita industri. Tingkatkan pengetahuan Anda dengan tren dan strategi terbaru untuk kesuksesan bisnis.
Waktu Publikasi Senin, 21 Juni 2021 | Terakhir Diperbarui sekitar 4 tahun yang lalu
Sejak diluncurkan pada Agustus 2018, perusahaan-perusahaan menggunakan WhatsApp Business API untuk menawarkan dukungan profesional dan komunikasi pelanggan pada platform perpesanan populer.
Matthias Mehner, Wakil Marketing Officer (CMO) di MessengerPeople, mengatakan bahwa Solusi WhatsApp Business menawarkan potensi besar bagi perusahaan untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan saat ini. Berkat peluang otomatisasi yang mudah untuk komunikasi, perusahaan menghemat waktu dan sumber daya berharga.
Perusahaan dapat menerima dan menanggapi pesan pelanggan melalui antarmuka teknis atau technical interface (API), dengan opsi untuk menghubungkan WhatsApp ke sistem CRM mereka sebagai saluran komunikasi pelanggan.
Fitur solusi WhatsApp Business dirancang khusus untuk mendukung layanan pelanggan yang dapat diskalakan melalui WhatsApp. Fokusnya adalah memberikan nilai nyata bagi pelanggan dengan memastikan privasi data dan perlindungan terhadap spam.
Dengan Click-to-Chat-Buttons untuk situs web dan Facebook, pelanggan dapat menggunakan WhatsApp sebagai saluran langsung dengan ambang batas rendah untuk menghubungi perusahaan. Menurut sebuah studi representatif oleh lembaga penelitian Jerman YouGov dan MessengerPeople, konsumen lebih suka menghubungi perusahaan melalui WhatsApp daripada menggunakan situs web atau media sosial.
Ketika seorang pelanggan berkomunikasi ke perusahaan melalui pesan WhatsApp, jendela 24 jam dibuka di mana perusahaan dapat mengobrol dengan pelanggan secara individu dan tanpa biaya. Kedekatan dukungan berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Pemberitahuan adalah pesan WhatsApp yang dapat digunakan perusahaan untuk mengirim informasi kepada pelanggan dengan persetujuan mereka. Perusahaan diharuskan untuk menggunakan pesan templat yang diperiksa WhatsApp untuk memastikan mereka mematuhi peraturan tertentu.
Pesan templat membuat komunikasi pelanggan melalui WhatsApp dapat diskalakan. WhatsApp Business API dengan memungkinkan perusahaan dengan mudah mengirim pesan standar seperti pesan sambutan, pesan otentikasi dua faktor seperti di perbankan online, konfirmasi pemesanan dan pembayaran, informasi pengiriman, pengingat janji temu, dan lainnya.
Sebagai bagian dari pesan templat, WhatsApp juga menawarkan templat yang dirancang khusus untuk memeriksa apakah masalah pelanggan telah diselesaikan atau apakah pelanggan memerlukan bantuan lebih lanjut dari perusahaan. Ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi masalah layanan pelanggan terbuka dan menyelesaikannya, sehingga memastikan kualitas layanan pelanggan mereka.
Berkomunikasi via WhatsApp gratis diperutukkan bagi pelanggan. Untuk bisnis, mengirim pesan layanan pelanggan gratis dalam waktu 24 jam. Bisnis dikenakan biaya untuk mengirim pemberitahuan. Biaya per notifikasi dikenakan bervariasi antarnegera.
Cari tahu lebih lanjut mengenai WhatsApp Business API dan efektifitasnya bagi bisnis Anda. Hubungi tim kami di 021 2856 5288 atau sales@jasnita.co.id